Sejarah PT Toyota Astra Motor – TAM

PT Toyota Astra Motor adalah Agen Tunggal Pemegang Merk atau disingkat ATPM dari Mobil Toyota dan Lexus di Indonesia. TAM merupakan badan usaha joint venture PT. Astra International Tbk dan Toyota Motor Corporation Jepang dengan persentase saham 50%-50%. .

Toyota Jakarta

Berdiri pada tanggal 12 April 1971, PT Toyota Astra Motor mulanya adalah importir kendaraan Toyota, namun berubah berfungsi sebagai distributor setahun kemudian. Di tanggal 31 Desember 1989, Terjadi merger perusahaan-perusahaan yang terafiliasi grup toyota astra dan jadilah PT Toyota Astra Motor.

Selama tahun 90an sampai sekarang, PT. Toyota-Astra Motor sudah menjalankan peranan penting dalam pengembangan industri otomotif di Indonesia dan membuka lapangan pekerjaan pada industri otomotif termasuk industri pendukungnya. PT. Toyota-Astra Motor sudah memiliki pabrik-pabrik produksi stamping, casting, engine dan assembly di area industri Sunter, Jakarta. Demi meningkatkan kualitas produk dan kemampuan produksi, saat tahun 1998 diresmikan pabrik di Karawang dilengkapi menggunakan teknologi terbaru di Indonesia.

Pada tanggal 15 Juli 2003, TAM dipecah atau direstrukturisasi menjadi dua perusahaan, yaitu:
PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia disingkat TMMIN berfokus pada perakit produk Toyota dan eksportir kendaraan dan suku cadang Toyota.
PT. Toyota-Astra Motor berfokus sebagai agen penjualan, importir dan distributor produk Toyota di Indonesia.

Dalam menjalankan dukungan penjualan dan layanan purna jual. TAM bekerja sama dengan Dealer-dealer Utama besar yang membawahi dealer-dealer yang tersebar di seluruh Indonesia. Dua Dealer besar yang namanya sudah tidak asing yaitu Auto2000 dan Nasmoco.

Mobil yang telah diproduksi

  • Sedan: Starlet, Yaris, Soluna, Vios, Corona, Corolla, Camry, Cressida, Crown, Etios Valco, Agya
  • Mobil Sport: 86, GR Supra
  • Kendaraan Penumpang jenis MPV: Kijang Innova, Kijang, Avanza, Previa, Toyota NAV1 (Noah)*, Alphard, Vellfire, Sienta, Calya, Voxy
  • Kendaraan Penumpang jenis SUV: Fortuner, Rush, Toyota Land Cruiser, RAV4*, C-HR
  • Truk dan kendaraan Niaga: Dyna, Hilux, HiAce, Kijang Pickup*
    *tidak diproduksi/dipasarkan lagi di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *